IKUTI
News
  • 2 tahun yang lalu / Dapatkan harga promo dan paket trekking unik dgn memilih tempat-tempat trekking sesuai minat anda untuk memanjakan liburan Anda di Bali
Basecamp Pendakian Gunung Batur
Kategori : Serba Serbi Gunung Batur - Post View : 755 views
15
Agu 2021

Basecamp Pendakian Gunung Batur

Basecamp gunung Batur yang paling banyak di gunakan oleh para pendaki yaitu Toya Bungkah dan Pasar Agung. Kedua basecamp ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing dan bisa kalian pertimbangkan untuk memiliki tempat mana yang nantinya sesuai dengan karakter dan kebutuhan mendaki kamu. Mengenai kelebihan dan kekurangan baik dari basecamp Toya Bungkah maupun Pasar Agung kalian bisa baca di jalur pendakian gunung Batur.

Sebenarnya pendakian gunung Batur termasuk dalam kategori pendakian yang mudah. Bila kita bandingkan dengan pendakian di gunung lain yang ada di pulau Bali jaraknya adalah yang paling singkat. Jika kalian ngaku sebagai seorang pencinta alam yang punya hobi mendaki gunung maka saat berlibur di Bali mendaki gunung Batur adalah suatu keharusan.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa keindahan pulau Bali bukan semata-mata hanya ada pada pantai-pantainya. Bali juga terkenal sebagai pulau indah dengan seribu pura. Selain itu, wisata air terjun dan mendaki gunung juga tidak kalah menarik. Gunung Batur yang terletak di desa Batur kecamatan Kintamani adalah salah satu gunung terfavorit bagi kalangan wisatawan.

Dua Basecamp Gunung Batur Terfavorit

Gunung Batur merupakan gunung berapi yang masih aktif hingga tahun 2021 ini. Menurut catatan, gunung yang memiliki puncak 1717 meter dari permukaan laut ini sempat meletus sebanyak 26 kali. Letusan terbesar yang berhasil di catat terjadi pada tahun 1926. Kemudian setelah itu terjadi lagi letusan pada tahun 1963 dan tahun 2000 sebagai letusan terakhir. Aktifitas vulkanik dari gunung berapi ini tergolong masih sangat aktif. Pada bulan Juli hingga Agustus 2021, gunung ini mengeluarkan belerang dalam jumlah yang cukup besar. Belerang itu keluar dari permukaan danau Batur selama lebih dari tiga minggu dan membuat sebagian petani ikan mujair lokal harus merugi karena ikan-ikan mereka banyak yang mati.

Untuk mencapai puncak gunung Batur kalian dapat memakai empat jalur pendakian yang berbeda yaitu: Toya Bungkah, Pasar Agung, Culali dan Serongga . Dari ke empat pilihan tersebut, Toya Bungkah dan Pasar Agung merupakan dua pilihan yang paling banyak digunakan. Kedua basecamp ini sangat mudah di cari bahkan meskipun kalian mendaki tanpa tour guide sekalipun. Berikut ini adalah ulasan singkat dari kedua basecamp tersebut:

Basecamp Toya Bungkah

Basecamp gunung batur

Sesuai dengan namanya, basecamp yang satu terletak di desa Toya Bungkah Kintamani. Untuk mencari basecamp ini kalian bisa mencari arah Toya Devasya, kemudian sekitar 100 meter sebelumnya kalian akan menemukan parkiran yang berada di kiri  jalan. Nah dari parkir yang cukup luas inilah pendakian kalian akan di mulai.

Dari sini pendakian akan di mulai dari ketinggiian 1100 meter dari permukaan laut. Dengan kata lain perbedaan ketinggian antara parkir dan puncak adalah sekitar 600 meter saja. Jarak yang akan kalian tempuh dari parkir ke puncak kurang lebih 4,5 kilometer pada saat naik. Kemudian pada saat turun bisa jadi lebih panjang apabila disertai dengan perjalanan mengelilingi puncak saat kalian turun.

Rute pendakian melalui basecamp gunung Batur yang satu ini menurut kami adalah yang paling mudah. Sejak 3 tahun lalu perkumpulan ojek dan pedagan lokal di kawasan gunung Batur sudah membuat perubahan besar pada jalur pendakian. Bahkan kini, dari parkir mobil hingga ke pos ketiga (kurang lebih 15 menitan sebelum puncak) dapat ditempuh dengan motor trail.

Mungkin kalian suka: Mendaki Gunung Batur dengan motor Trail KLX

Selain jalur yang cukup mudah, lebih dari setengah perjalanan kalian akan melewati hutan yang rindang. Hal ini akan membuat kalian merasa sejuk saat perjalanan turun dan balik ke parkiran atau basecamp Toya Bungkah. Selama perjalanan turun mata kalian akan di manjakan oleh indahnya gunung Abang, gunung Agung, danau Batur dan pemandangan desa sekitar gunung Batur.

Estimasi waktu tempuh pada saat naik adalah sekitar 1,5 hingga 2 jam perjalanan dan 2 hingga 2,5 jam saat turun apabila di sertai dengan trip mengelilingi puncak.

Basecamp Pasar Agung

Basecamp pendakian gunung batur

Jika kalian ingin mendaki gunung Batur dan mencari jalur terpendek, maka mendaki melalui basecamp yang satu ini adalah pilihan yang tepat. Untuk mencari Bacecamp ini, kalian bisa dengan mudah menemukannya di google maps. Cukup cari arah ke pura pasar Agung, namun sebelumnya harap lakukan registrasi terlebih dahulu ya  di pos pendakian yang ada di bawah basecamp ini.

Melalui parkiran pura Pasar Agung, kalian akan memulai pendakian dari ketinggian 1240 mdpl dengan jarak tempuh kepuncak hanya sekitar 3,2 kilometer saja. Meskipun demikian, perlu kalian ketahui banyak juga pendaki yang merasa bahwa medan yang mereka lalui cukup berat. Hal ini karena sesaat setelah pendakian di mulai kalian akan langsung melipir bebatuan lahar hitam yang cukup terjal. Kemudian setelah melewati bebatuan itu, perjalanan akan kita lanjutkan dengan menyusuri jalanan berpasir yang cukup licin.

Estimasi waktu tempuh melalui basecamp ini adalah sekitar 1 hingga 1,5 jam baik pas naik maupun turun.

Untuk keselamatan dan kenyamanan kalian saat mendaki kami selalu menghimbau untuk mengunakan jasa guide lokal gunung Batur. Jika kalian tidak suka ribet, kalian juga bisa memesan paket mendaki gunung Batur karena kami menyediakan berbagai jenis pilihan yang tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget liburan kalian.

Guide Gunung Batur

Guide Gunung Batur merupakan perusahaan pemandu trekking di Bali. Dengan melayani pendakian ke Gunung Batur, Gunung Abang, dan Gunung Agung.

Phone : 081933165404

Email : [email protected]

Whatsapp : +6281933165404

Alamat : Jalan Raya Kintamani, Bangli Bali