IKUTI
News
  • 2 tahun yang lalu / Dapatkan harga promo dan paket trekking unik dgn memilih tempat-tempat trekking sesuai minat anda untuk memanjakan liburan Anda di Bali
Suhu Udara di Puncak Gunung Batur
Kategori : Serba Serbi Gunung Batur - Post View : 823 views
18
Agu 2021

Suhu Udara di Puncak Gunung Batur

Suhu Udara Gunung Batur – Gunung Batur merupakan salah satu gunung paling populer dari 10 gunung yang ada di pulau Bali. Setiap harinya mulai dari bulan Januari hingga bulan Desember, gunung ini selalu ramai oleh wisatawan baik asing maupun lokal. Dengan kata lain, gunung Batur adalah tempat untuk melakukan trekking yang paling populer d Bali.

Pada umumnya saat yang terbaik untuk mendaki adalah pada musim kemarau. Musim kemarau di Bali biasanya mulai dari bulan Februari hingga akhir september. Namun, pada musim hujan kalian juga tetap memiliki kesempatan untuk bisa menyaksikan keindaahan matahari terbit. Alasannya adalah karena pada umumnya hujan di Kintamani hanya mulai dari siang ataupun sore hari. Jadi jika kalian berlibur pada saat musim penghujan datang, tidak usah ragu untuk melakukan Trekking sunrise di gunung Batur.

BERAPA SUHU / TEMPERATURE UDARA DI PUNCAK GUNUNG BATUR?

Temprature di Gunung Batur

Sejauh ini, ada banyak yang bertanya tentang bagaimana suhu udara di puncak gunung Batur Bali. Nah, di dalam artikel ini kami akan memberikan sedikit informasi tentang suhu di kawasan Gunung Batur. Artikel ini membahas tentang cuaca gunung Batur dan suhu harian rata-rata. Setelah membaca ini, kalian akan mengetahui tentang suhu gunung Batur mulai dari pagi, siang hingga malam hari.

Suhu udara di Gunung Batur pada setiap bulannya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pada bulan Desember hingga akhir Maret, suhu di Gunung Batur akan berkisar antara 14 – 18 derajat Celcius. Suhu dingin ini akan kita rasakan saat berada di puncak utama. Ini akan kita rasakan beberapa menit sebelum matahari terbit. Selama periode musim ini, kadang-kadang kita tidak dapat melihat matahari terbit. Hal ini disebabkan karena seringkali awan datang dan menutupi pemandangan di pagi hari.

Kembali lagi segala sesuatu bisa saja terjadi di alam dan kita akan susah untuk menebaknya. Tentu saja kami tidak bisa menjanjikan untuk mendapatkan pemandangan yang bagus setiap pagi di musim ini. Semua tergantung pada keberuntungan Anda.

Baca Juga: Tips dan Persiapan Sebelum Mendaki Gunung Batur

KAPAN SIH PUNCAK MUSIM PENGHUJAN DI BALI?

Titik hujan tertinggi di Bali biasanya terjadi pada bulan Januari hingga Februari tiap tahunnya. Jadi jika Anda datang untuk mendaki di Gunung Batur pada bulan Januari sampai Februari jangan lupa untuk membawa jas hujan dan pakaian ganti di dalam tas punggung kalian. Jas hujan dan baju ganti ini akan sangat berguna jika saat kita mendaki hujan tiba-tiba turun. Selama bulan Januari sampai Februari ini, suhu udara di Gunung Batur bisa mencapai titik terendah yaitu 10 derajat Celcius di puncak. Suhu ini biasanya kita temukan saat cuaca buruk dengan curah hujan yang lebat serta angin kencang.

Untuk kalian ketahui bahwa suhu udara di Gunung Batur bisa berubah dengan sangat cepat. Apalagi di puncak utama, suhu bisa berubah dari 21 derajat menjadi 11 derajat Celcius hanya dalam hitungan menit. Suhu dingin ini tidak akan kita rasakan saat perjalanan ke puncak. Alasannya adalah karena selama pendakian tentunya kita akan berkeringat kemudian keringat menutupi pori-pori sehingga tubuh akan merasa hangat. Namun setiba di puncak, suhu dingin akan mulai kita rasakan terlebih lagi saat kita menunggu matahari terbit.

JENIS PAKAIAN YANG TEPAT UNTUK MENDAKI DI MUSIM HUJAN

Selain menyiapkan jaket dan jas hujan, kalian juga bisa membawa topi kupluk, penutup telinga dan sarung tangan. Selain itu kalian juga harus mengenakan sepatu yang tepat, karena bisa saja jalur pendakian menjadi agak licin setelah sempat terguyur hujan. Pada dasarnya saat musim kemarau, dengan menggunakan sepatu olahraga sudah cukup untuk kalian gunakan mendaki gunung Batur. Tapi sepatu trekking atau sepatu dengan grip yang baik akan menjadi pilihan yang lebih baik. Kalian juga bisa mempertimbangkan untuk membawa sepasang sandal gunung sebagai cadangan. Jika hujan turun dan sepatu kalian basah, maka kalian bisa mengantinya dengan mengunakan sandal gunung tersebut.

KESIMPULAN

Dapat kita simpulkan bahwa suhu rata-rata di puncak dan kawasan gunung Batur adalah mulai dari 10 hingga 21 derajat celcius pada pagi harinya. Tentunya tinggi rendah dari suhu udara ini tergantung dari pada musim dan bulan apa kalian mendaki. Akan lebih baik jika beberapa hari sebelum mendaki kalian menanyakan terkait kondisi cuaca di sekitar gunung Batur pada penyedia tur mendaki gunung Batur

Kembali lagi jika ini kita kembalikan pada alam dan kita tidak bisa berbuat apa-apa bahkan tidak ada yang bisa memprediksi untuk itu. Namun kita tetap perlu tahu dan paham apa yang harus kita persiapkan serta bawa saat mendaki ke gunung Batur. Dengan demikian meskipun cuaca atau suhu sedang buruk, kita bisa merasa aman saat mendaki baik saat naik maupun turun.

Baiklah, itu hanyalah sedikit informasi dari kami tentang suhu udara dan tips mendaki gunung Batur saat cuaca buruk atau suhu dingin. Semoga info ini bermanfaat bagi anda yang berencana melakukan pendakian gunung Batur terutama saat musim hujan. Semoga selalu sehat untuk kita semua dan sampai jumpa di gunung Batur.

 

Guide Gunung Batur Blog @2021

Guide Gunung Batur

Guide Gunung Batur merupakan perusahaan pemandu trekking di Bali. Dengan melayani pendakian ke Gunung Batur, Gunung Abang, dan Gunung Agung.

Phone : 081933165404

Email : [email protected]

Whatsapp : +6281933165404

Alamat : Jalan Raya Kintamani, Bangli Bali