IKUTI
News
  • 3 tahun yang lalu / Dapatkan harga promo dan paket trekking unik dgn memilih tempat-tempat trekking sesuai minat anda untuk memanjakan liburan Anda di Bali
Pendakian Kepuncak Gunung Batur Via Culali
Kategori : Trekking Gunung Batur - Post View : 724 views
28
Jun 2021

Pendakian Kepuncak Gunung Batur Via Culali

Mendaki Gunung Batur Via Culali tidaklah semudah dengan naik melalui jalur lain seperti Pasar Agung dan jalur Toya Bungkah. Jika dengan jalur lain pendakian kepuncak gunung Batur hanya memerlukan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam perjalanan, namun melalui jalur ini pendakian bisa menghabiskan waktu lebih dari 3 jam.

Jalur pendakian via Culali ini oleh penduduk lokal juga di kenal dengan sebutan jalur pura Bukit Mentik. Di katakan demikian karena selain melalui jalur black lava, anda juga bisa mulai mendaki dari parkiran pura ini. Ini adalah yang terpanjang dari 4 jalur pendakian gunung Batur yang ada. Dari parkiran kepuncak utama membutuhkan waktu tempuh yang cukup lama. Rata-rata para pendaki memerlukan waktu 2,5 – 3 jam pendakian.

Jalan Menuju Puncak Gunung Batur

jalan menuju puncak gunung batur

Sebenarnya jalan menuju puncak gunung Batur bisa kami katakan cukup mudah bila dibandingkan dengan jalan pendakian gunung lain yang ada di Bali. Gunung Batur sendiri merupakan gunung terpendek yang ada di Bali dengan ketinggian puncak utamanya hanya 1717 meter dari permukaan laut.

Salah satu jalan yang paling kami rekomendasikan adalah via Toya Bungkah. Jika anda mendaki melalui Toya Bungkah lebih dari 70% jalanannya sudah sempat di buka oleh komunitas ojek yang ada. Saat ini sepeda motor dengan CC yang besar sudah bisa sampai keketinggian 1570 mdpl, hanya 15-20 menitan dari puncak gunung.

Selain Toya Bungkah, anda juga bisa memilih jalur Pura Pasar Agung. Untuk jalur yang satu ini anda bisa lewat hingga titik 1430 mdpl dengan mengendarai sepeda motor maupun mobil. Jalanan menuju titik ini sudah beraspal dan sangat rata sehingga mudah dilalui. Akan tetapi, saat mulai pendakian anda akan langsung bertemu dengan jalur berbatu yang cukup terjal. Di jalanan berbatu ini anda akan menghabiskan waktu lebih dari 30 menit. Tidak hanya itu, 30 menit kemudian anda akan di hadapkan dengan jalur berpasir yang mungkin akan cukup menguras tenaga.

Jika anda memilih paket mendaki gunung Batur dari guidegunungbatur.com, anda juga bisa menentukan sendiri jalur atau jalan mana yang akan anda pilih. Namun dengan berbagai alasan dan pertimbangan terlebih dahulu kami akan menawarkan kepada anda untuk menggunakan jalur Toya Bungkah.

Tantangan Mendaki Gunung Batur Via Jalur Culali

tantangan mendaki puncak gunung batur

Jalur pendakian memiliki tantangan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan jalur lain. Jika anda sudah memiliki cukup pengalaman mendaki di gunung-gunung lain mungkin saja ini tidak akan terasa berat. Namun jika anda masih pemula, lebih baik pikirkan secara matang-matang sebelum memutuskan untuk mendaki gunung Batur melalui culali.

Selama perjalanan anda akan melewati jalur berpasir yang cukup panjang selama lebih dari 1 jam. Meskipun masih terbilang datar namun ini juga akan cukup menguras tenaga anda nantinya. Ditambah lagi jika anda mendaki gunung Batur tanpa guide disaat gelap terkadang akan sedikit membingungkan karena dalam gelap jalanannya tidak begitu jelas.

Oleh karena jalurnya cukup berpasir dan bebatuan panjang, mendaki dengan jalur ini akan lebih baik jika dilengkapi dengan camping semalam di tempat yang sudah disediakan di seputaran kawah baru gunung Batur. Kemudian keesokan harinya (mungkin dari jam 4.30 atau 5.00) perjalanan bisa anda lanjutkan kepuncak dengan melalui jalanan berbatu.

Kelebihan dan Kekurangan Mendaki Via Jalur Culali

Sama halnya dengan mendaki di gunung lain, rata-rata tiap gunung pastinya memiliki paling tidak dua pilihan jalur pendakian yang bisa kita gunakan. Seperti yang sudah kami sebutkan di atas bahwa gunung Batur memiliki 4 pilihan rute yang bisa anda pilih. Tiap rute yang ada pasti memiliki keunikan, kelebihan dan kekurangannya sendiri. Dan berikut di bawah ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari pendakian gunung Batur via Culali:

Kelebihan Mendaki Melalui Jalur Culali:

Berikut di bawah ini adalah 3 keunikan atau kelebihan dari jalur Culali:

  • Pertama adalah jalur pendakian via culali lumayan menantang sehingga bagus untuk anda yang suka dengan petualangan. Ini akan mampu memberikan kesan yang lebih dalam pendakian anda di gunung Batur.
  • Kedua, melalui jalur ini anda juga dapat melihat kawah kedua gunung Batur yang juga di kenal dengan sebutan kawah baru. Sekedar informasi kawah ini terakhir kali meletus pada tahun 2000 dan merupakan kawah yang lebih aktif jika di bandingkan dengan kawah lainnya,
  • Ketiga atau yang terakhir adalah di jalur ini terdapat area untuk berkemah / camping. Tempat kemahnya cukup luas bahkan mampu menampung hingga lebih dari seratus tenda. Tempat ini juga aman untuk anda bermalam sebelum melanjutkan pendakian kepuncak keesokan harinya.

Kekurangan Pendakian Jalur Culali:

Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari jalur Culali:

  • Jalanan selama menuju ke start point pendakian Culali cukup curam dan penuh dengan tikungan tajam. Selain itu jalan ini juga dilalui oleh banyak truk pengangkut pasir dan batu lahar. Ini berarti selama perjalanan anda mungkin akan berpapasan mereka.
  • Jalur pendakian via culali cukup panjang naik turun totalnya mencapai 13 kilometer, jauh lebih panjang jika di bandingkan dengan jalur lain yang hanya 7 hingga 9 kilometer saja. Jika anda bukan petualang sejati, jalur ini bukanlah pilihan yang tepat.
  • Jalur pendakian ini terletak di bagian barat gunung Batur membuat tidak bagus digunakan untuk mendaki sebelum sunrise. Mengapa demikian? Ini karena jika anda terlambat maka akan kehilangan kesempatan untuk menyaksikan matahari terbit.

Tips Mendaki Via Culali

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan jika akan mendaki gunung Batur via Culali:

  • Jalur pendakian memang cukup jelas apalagi jika anda mendaki pada siang atau pagi hari. Akan tetapi akan jauh lebih baik jika anda mengajak teman yang sudah pernah melewati jalur ini sebelumnya. Jika masih merasa belum yakin makan mengunakan jasa dari guide gunung Batur yang sudah berpengalaman adalah pilihan yang paling tepat.
  • Sebelum menuju ke Culali, anda sangat kami sarankan untuk mengecek kondisi mobil / motor anda terlebih dulu. Pastikan ban, rem, kopling, bahan bakar dan kondisi mesin bagus dan prima. Hal ini karena jalanan mobil yang akan anda lewati cukup menanjak dan menantang. Selain itu jarak bengkel dari Culali juga lumayan jauh.
  • Nah yang terakhir adalah jika anda ingin mendaki untuk melihat sunrise maka anda harus memulai pendakian jauh lebih awal. Waktu untuk memulai pendakian terbaik adalah jam 2.00. Dengan ini anda bisa sampai puncak sebelum jam 6.00. Selain itu anda juga bisa berkemah semalam dan mulai mendaki di esok harinya dari jam 5.00.

Kesimpulan:

Pendakian gunung Batur via jalur Culali tentunya akan memberikan pengalaman yang lebih seru jika dibandingkan dengan mengunakan jalur-jalur lain. Akan tetapi anda juga wajib mempertimbangkan segala hal terlebih dahulu seperti kesiapan fisik dan mental, kondisi kendaraan, dan juga beban perlengkapan yang akan di bawa jika anda ingin membuat kemah semalam disini.

Akan lebih baik lagi jika anda mengajak banyak teman agar petualangan mendaki via Culali ini lebih seru dan mengesankan. Serta pastikan ada minimal satu orang dalam grup anda yang sudah mengetahui secara baik tentang seluk beluk jalur Culali.

 

Bali Mount Batur Guide @2o23

Guide Gunung Batur

Guide Gunung Batur merupakan perusahaan pemandu trekking di Bali. Dengan melayani pendakian ke Gunung Batur, Gunung Abang, dan Gunung Agung.

Phone : 081933165404

Email : [email protected]

Whatsapp : +6281933165404

Alamat : Jalan Raya Kintamani, Bangli Bali