IKUTI
News
  • 3 tahun yang lalu / Dapatkan harga promo dan paket trekking unik dgn memilih tempat-tempat trekking sesuai minat anda untuk memanjakan liburan Anda di Bali
Tips dan Persiapan Mendaki Gunung Batur
Kategori : Trekking Gunung Batur - Post View : 851 views
18
Jun 2021

Tips dan Persiapan Mendaki Gunung Batur

Tips dan persiapan mendaki gunung Batur – Sebagai calon pendaki yang baik akan lebih bagus lagi jika kita juga mengetahui beberapa informasi terkait dengan gunung yang akan kita daki. Selain itu mengetahui tips dan persiapan yang harus kita lakukan sebelum mendaki juga tidaklah kalah penting.

Sama halnya dengan mendaki gunung lain di Indonesia, anda juga harus melakukan persiapan untuk mendaki gunung yang ada di Bali. Dan ini juga berlaku jika anda mempunyai rencana untuk mendaki gunung Batur di dalam waktu dekat ini. Meskipun rute pendakiannya tergolong mudah, kami juga tetap menyarankan anda untuk mempelajari beragam tips, informasi dan persiapan yang di perlukan sebelum melakukan trekking di gunung Batur.

Beberapa Tips dan Persiapan Mendaki Gunung Batur Bali

persiapan mendaki gunung batur

Bukan hanya untuk pemula saja, hal-hal berikut ini juga perlu di pelajari oleh para pendaki yang sudah berpengalaman sekalipun. Ini tentunya agar seluruh perjalanan berjalan lancar sesuai dengan rencana, mulai dari berangkat hingga anda kembali tiba di rumah atau hotel tempat anda menginap.  Nah dalam artikel ini kami akan memberikan informasi lengkap terkait beberapa tips dan persiapan sebelum mendaki gunung Batur. Apa saja itu? Simak penjelasanya di bawah ini:

1. Siapkan Fisik Anda Agar Fit Sebelum Melakukan Pendakian

Menyiapkan kondisi fisik agar bugar dan sehat saat melakukan pendakian merupakan suatu keharusan. Anda bisa melakukan olahraga kecil secara rutin mungkin dari sejak seminggu sebelum pendakian. Lakukan lari pagi atau sore hari dengan jarak 1 hinga 3 kilometer tiap hari atau minimal dua hari sekali akan menjaga kondisi tubuh tetap bugar. Selain itu, hal ini juga akan menjadikan otot-otot kaki menjadi lebih kuat. Sehingga resiko keram saat mendaki bisa di minimalisir.

Selain menyiapkan kondisi tubuh agar bugar, sebelum mendaki anda juga wajib menyiapkan mental. Yakikan diri anda, bahwa anda akan bisa melewati semua tantangan yang ada selama perjalanan. Meskipun Gunung Batur hanya ketinggian 1.717 meter di atas permukaan laut, sering juga ada pendaki yang mengeluh selama pendakian. Ini mungkin karena sebelumnya mereka belum menyiapkan mental secara matang dan datang mendaki hanya sekedar untuk sensasi.

2. Pilihlah Waktu Mendaki Yang Paling Tepat

Hal kedua yang wajib anda pikirkan adalah memilih waktu yang tepat serta membuat perencanaan yang matang. Jika anda ingin mendapatkan view yang lebih indah, maka mendaki untuk melihat matahari terbit adalah pilihan yang tepat. Pastikan anda tiba di titik mulai pendakian pada sekitar jam 3.00 dan tiba dipuncak sebelum matahari terbit. Pendakian kepuncak biasanya membutuhkan waktu sekitar dua jam bahkan kadang bisa sedikit lebih lama.

Anda juga mesti memikirkan tempat menginap yang tepat. Jika memungkinkan semalam sebelum pendakian, kami sarankan untuk menginap di hotel yang lokasinya tidak terlalu jauh dengan gunung Batur. Banyak pilihan hotel atau penginapan yang berada di dekat dengan Start Point Pendakian Gunung Batur toya bungkah yang bisa di piliha dengan harga yang cukup murah.

Selain itu, jika memungkinkan datanglah pada musim kemarau. Pada saat musim kemarau kemungkinan untuk dapat melihat pemandangan alam yang indah dari puncak adalah 8/10. Memang benar jika anda naik gunung Batur saat musim hujan, kemungkinan hujan di pagi hari sangatlah sedikit, namun kemungkinan view berkabut cukuplah sering.

3. Ketahui dan Siapkan Peralatan Yang Anda Harus Bawa

Mengetahui dan menyiapkan berbagai perlengkapan yang anda perlukan saat pendakian juga adalah hal yang penting. Sebenarnya hanya beberapa perlengkapan yang perlu anda siapakan jika ingin mendaki kegunung Batur.

Pertama adalah sepatu trekking, jika tidak ada sepatu dengan grip yang bagus nyatanya sudah cukup yang penting kaki merasa nyaman nantinya. Kedua bawalah jaket dan sarung tangan sebagai antisipasi jika cuaca berubah menjadi dingin saat tiba di puncak. Ketiga, jika mendaki pada saat musim hujan janganlah lupa untuk membawa jas hujan atau ponco. Yang terakhir adalah siapkan juga tongkat dan senter (jika ada senter kepala akan lebih bagus).

Nah bagaimana jika kalian memesan satu dari pilihan paket trekking gunung Batur dari kami?  Jika anda menggunakan layanan kami,  anda cukup menyiapkan sepatu trekking dan jaket saja. Sisanya untuk tongkat, senter dan jas hujan akan disiapkan oleh pihak kami untuk kalian.

4. Jangan Lupa Untuk Menyiapkan Bekal Makanan dan Minuman Secukupnya

Cuaca dan suhu udara di punak gunung tentunya sedikit lebih dingin jika dibandingkan dengan di dataran rendah. Suhu yang dingin akan membuat kita menjadi lebih cepat merasa lapar. Hal Ini karena tubuh kita akan membutuhkan lebih banyak energi untuk menghangatkan badan.

Sekedar informasi, di puncak gunung Batur kini juga ada beberapa warung yang selalu buka tiap pagi hari. Jika diperlukan di warung ini anda ana juga bisa membeli makanan seperti telur rebus, mie instan dan minuman. Jika anda ingin membawa bekal makanan sendiri juga tidaklah masalah. Bawalah bekal yang tidak terlalu berlebihan, akan tetapi mengandung kalori yang cukup. Ingat ya membawa dan meminum minuman yang mengandung alkohol sangatlah tidak disarankan selama pendakian.

Jika anda memesan paket mendaki gunung Batur include sarapan yang kami tawarkan, maka anda tidak perlu untuk memikirkannya lagi. Paket ini sudah termasuk dengan sarapan dan air minum kemasan. Selain itu paket juga sudah minuman hangat saat sampai dipuncak seperti kopi, teh maupun cokelat panas. Dengan ini anda tidak perlu lagi membawa terlalu banyak makanan dan minuman.

5. Ketahui dan Pahami Jalur Pendakian Yang Sesuai dengan Kebutuhan dan Kemampuan Anda!

Untuk dapat mencapai puncak gunung Batur terdapat empat jalur pendakian yang bisa anda pilih. Tiap jalur memiliki karakter dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Meskipun tujuannya juga sama yaitu menuju puncak utama (1717 mdpl), namun tiap jalur yang ada juga menawarkan view yang berbeda selama perjalanan naik dan turun.

Apabila anda sudah paham tentang medan dan jalur pendakian gunung Batur itu akan sangat membantu terlebih jika anda mendaki tanpa memakai guide lokal. Jika mendaki tanpa guide, setidaknya harus ada satu orang yang sudah pernah mendaki gunung Batur hingga beberapa kali sebelumnya. Hal ini agar anda tidak kebingungan dalam menetukan jalur yang akan digunakan

6. Bawalah Kamera atau Handphone Dengan Kualitas Gambar Yang Bagus

Selain dapat melihat keindahan alam dari ketinggian gunung, anda juga bisa mengunakan aktifitas mendaki sebagai ajang untuk berolahraga. Setiba di puncak gunung tentunya tidaklah lengkap jika anda tidak mengabadikannya dalam sebuah gambar. Disini anda wajib untuk membawa kamera atau handphone dengan daya simpan dan kualitas gambar yang bagus.

Jika perlu anda juga bisa membawa drone dengan catatan anda sudah mahir untuk menjalankannya sehingga tidak membahayakan orang lain saat menggunakannya. Selain itu berat drone dan tasnya juga cukup berat, jadi pastikan anda cukup kuat untuk menggendongnya naik turun ya:)

7. Pilihlah Guide atau Pemandu Pendakian Gunung Batur yang Tepat

Memilih guide atau pemandu lokal yang tepat juga merupakan hal yang tidak kalah penting. Anda bisa mendapatkan referensi tentang guide gunung Batur dari berbagai sumber. Salah satu sumber terpercaya adalah dari TripAdvisor yang memberikan ulasan yang real tentang semua perusahaan tur penyedia layanan pendakian gunung Batur.

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang guide lokal dari media sosial seperti Instagram dan Facebook. Akan tetapi jika anda mendapatkan referensi guide langsung dari teman atau keluarga yang sudah pernah mendaki sebelumnya itu akan menjadikan anda merasa lebih aman dan nyaman.

Kesimpulan dari Tips dan Persiapan Mendaki Gunung Batur

Gunung Batur tidaklah terlalu sulit untuk di takhlukan, banyak juga pemula, anak-anak dan bahkan lansia yang bisa menyelesaikannya tanpa kendala sedikitpun. Meskipun medan pendakian cukup mudah, akan tetapi anda juga wajib mempelajari tentang tips dan persiapan sebelum mendaki ke gunung yang terkenal dengan keindahan sunrise ini.

Di atas adalah 7 tips dan persiapan mendaki gunung Batur yang sekiranya bisa menjadi pedoman anda dan anda gunakan sebagai acuan sebelum memutuskan untuk berkunjung dan melakukan trekking. Terima kasih telah berkunjung ke website guidegunungbatur.com semoga bermanfaat dan see you!

 

Mount Batur Trekking Info @2023

Guide Gunung Batur

Guide Gunung Batur merupakan perusahaan pemandu trekking di Bali. Dengan melayani pendakian ke Gunung Batur, Gunung Abang, dan Gunung Agung.

Phone : 081933165404

Email : [email protected]

Whatsapp : +6281933165404

Alamat : Jalan Raya Kintamani, Bangli Bali